Daur Ulang Demi Mewujudkan Lingkungan Bersih

CBDC – TFI

Character Building Kewarganegaraan

MELAKUKAN KEGIATAN – KEGIATAN KEMANUSIAAN

 

Daur Ulang di Rusun Cinta Kasih Tzu Chi Untuk Mewujudkan Lingkungan Bersih

2001539480 Muhammad Reynaldi Ketua
2001539631 Samuel Sanjaya Sutanto Wakil Ketua
2001544026 Vilbert Dokumentasi I
2001538010 Fajrul Emirullah Bendahara I
2001563391 Syifa Ramadhani Nur Azilia Sekretaris I
2001563132 Martinus Gai Bara Lira Parera

 

 

Sekretaris II

 

LB64

BINUS UNIVERSITY

2017

DAFTAR ISI

Lembar Pengesahan …………………………………………………………………….      2

Daftar Isi ………………………………………………………………………….…….      3

Bab I : Pendahuluan …………………………………………………………………….      4

  1. Latar Belakang ……………………………………………………………… 4
  2. Permasalahan ………………………………………………………….…… 5
  3. Gambaran Umum …………………………………………………………… 5

Bab II : Metode Kegiatan …………………………………………………….…………     6

Bab III : Konsep ………………………………………………………………………..      8

Lampiran ……………………………………………………………………………….       9

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Sampah mungkin sudah tidak asing lagi dalam telinga kita hal yang terlintas pertama kali ketika mendengar kata sampah mungin terkesan kotor dan menjijikan tetapi tanpa diketahui terkeadang dalam jarak 1 meter disekitar kita saja masih ada sampah yang bertebaran tentunya hal tersebut terjadi karena kurangnya kesadaran manusia itu sendiri.

Sampah merupakan material yang memilki kandungan zat kimia berbahaya dan memiliki potensi untuk merusak segala hal yang ada di sekitarnya termasuk pada lapisan atmosfer bumi. Sampah terbagi menjadi 2 jenis, yaitu :Sampah organik atau sampah yang dapat diuraikan kembali melalui proses alamiah(degradable). Contohnya, daun-daunan, ranting, sayur-sayuran dan lainnya. Sampah anorganik atau sampah yang tidak dapat diuraikan lagi oleh alam (undegradable). Contohnya, plastik, botol, kaleng dan lainnya.

Apakah anda tahu bahwa sampah di sekitar kita merupakan hasil sumbangan dari aktivitas industry yang ada saat ini . Hampir seluruh aktivitas industri berujung hasil akhirnya limbah. Pengelolaan sampah sementara sangat diperlukan saat ini agar bisa memperpanjang hidup bumi ini dan mencegah bencana alam yang tidak diinginkan tentunya. Hal yang mungkin terjadi apabila tidak segera melakukan pengelolaan sampah seperti yang kita ketahui adalah banjir dan pemansan global tentunya.

Secara umum terdapat 3 cara untuk pengelolaannya adalah Reduce , Reuse , Recycle. Reduce merupakan mengurangi penggunaan material atau konsumsi terhadap barang jadi, sehingga jumlah sampah yang dihasilkan relatif sedikit. Reuse merupakan memilih barang-barang yang bisa dipakai kembali. Hal ini setidaknya bisa memperpanjang jangka waktu sebuah barang atau benda menjadi sampah. Recycle merupakan  memilih dan memilah sampah yang masih dapat digunakan atau tidak, jika terdapat sampah yang bisa di daur ulang usahakan jadikan sampah itu menjadi sebuah produk yang berguna. Kegiatan yang akan kita lakukan merupakan daur ulang sampah seperti memilah plastic , botol , karton dll yang diharapkan dapat membantu melestarikan lingkungan sekitar kita yang telah tercemar karena orang yang tidak bertanggung jawab.

BAB II

Permasalahan

Berdasarkan Latar belakang masalah yang terdapat pada pendahuluan dirumuskan masalah sebagai berikut:

  1. Apakah Daur Ulang bermanfaat secara individual maupun secara Plural?
  2. Bagaimana proses daur ulang yang benar dalam kalangan masyarakat?
  3. Mengapa kita harus mendaur ulang?

Bab III

METODE KEGIATAN

  1. Tema

Kegiatan ini merupakan kegiatan Daur Ulang yang diharapkan dapat membantu lingkungan sekitar menjadi bersih.

 

  1. Kegiatan

Peserta melakukan kegiatan daur ulang bersama kelompok pelestarian lingkungan depo daur ulang kamal muara.

 

  1. Peserta

Seluruh anggota kelompok

 

  1. Waktu dan Tempat pelaksanaan

Kegiatan ini akan dilaksanakan sebanyak lima kali yang akan diadakan pada :

 

Kegiatan pertama

Hari, tanggal   : Rabu 22,  Maret 2017

Waktu             : 1 s/d selesai

Tempat            : Depo Pelestarian Lingkungan Tzu Chi Kamal

Jalan Lingkar Luar Kamal Raya,

Cengkareng Timur, Jakarta Barat, 1173

 

Kegiatan kedua

Hari, tanggal   : Jumat, 2 April 2017

Waktu             : 13.00 s/d selesai

Tempat            : Depo Pelestarian Lingkungan Tzu Chi Kamal

Jalan Lingkar Luar Kamal Raya,

Cengkareng Timur, Jakarta Barat, 11730

 

 

Kegiatan ketiga

Hari, tanggal   : Jumat, 7 April 2017

Waktu             : 13.00 s/d selesai

Tempat            : Depo Pelestarian Lingkungan Tzu Chi Kamal

Jalan Lingkar Luar Kamal Raya,

Cengkareng Timur, Jakarta Barat, 11730

 

Kegiatan keempat

Hari, tanggal   : Jumat, 14 April 2017

Waktu             : 13.00 s/d selesai

Tempat            : Depo Pelestarian Lingkungan Tzu Chi Kamal

Jalan Lingkar Luar Kamal Raya,

Cengkareng Timur, Jakarta Barat, 11730

 

Kegiatan kelima

Hari, tanggal   : Jumat, 21 April 2017

Waktu             : 13.00 s/d selesai

Tempat            : Depo Pelestarian Lingkungan Tzu Chi Kamal

Jalan Lingkar Luar Kamal Raya,

Cengkareng Timur, Jakarta Barat, 11730

 

Bab IV

TEORI KONSEP

Konsep daur ulang limbah telah berkembang sejak lama secara prinsip daur ulang dapat didefinisikan sebagai upaya memanfaatkan bahan baku dari produk yang telah tidak dapat terpakai menjadi produk baru sejenis maupun produk baru yang berbeda dari asalnya.Bertambahnya jumlah limbah rumah tangga dapat menyebabkan penumpukan sampah di tempat pembungan akhir.Apa bila TPA semakin dekat dengan pemukiman warga akan timbul berbagai wabah penyakit yang dapat mengganggu kesehatan dan merugikan warga.Dengan demikian kegiatan daur ulang merupakan salah satu upaya untuk memberikan nilai tambah suatu bahan yang nilai mulanya sudah menjadi sangat rendah.Bahan baku atau biomasa sebaikanya dimanfaatkan seoptimal mungkin sampai tidak dapat dimanfaatkan lagi secara lansung.Salah satu cara yang optimal adalah dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat, tentang pentingnya daur ulang limbah dan cara mendaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat,maka kita dapat membuka peluang bagi masyarakat di lingkungan tersebut untuk menjadi produktif.Selain bisa mengasah bakat dan kreativitas,kegiatan daur ulang tersebut berdampak baik bagi lingkunga.Limbah juga dapat diubah menjadi barang yang bernilai ekonomis,dengan demikian konsep daur ulang sebaiknya dimulai dari aspek penyiapan bahan baku,perencanaan suatu produk,proses pembuatan produk dan yang terakhir pemanfaatan akhir produk.

BAB V

HASIL 

Sebelum melaksanakan kegiatan ini, kami telah menghubungi pihak Depo Pelestarian Lingkungan Cengkareng untuk meminta izin dan mengatur jadwal pertemuan antara kelompok kami dan pihak Depo tersebut.Dan akhirnya pihak depo memberi kesempatan kepada kita untuk datang pada Minggu 02 april 2017 jam 8 pagi.

Pada hari pertama,ternyata tidak hanya dari kelompok kami yang datang ke Depo Pelestarian,ada beberapa kelompok yang juga datang untuk melakukan daur ulang.Dimulai dari penjelasan awal terbentuknya komunitas tersebut,penjelasan mengenai visi misi dari Depo pelestarian,hingga penjelasan lebih dalam mengenai jenis-jenis sampah yang berada di Depo.Setelah diberi penjelasan,kita diberi kesempatan untuk langsung turun ke lapangan.Kami di minta untuk membantu memilah botol-botol bekas,dan juga harus memisahkan antara label,tutup botol dan botolnya itu sendiri.Setelah selesai melakukan kegiatan tersebut kami diminta untuk memindahkan semua botol yang sudah kami pilah untuk di masukan ke dalam bak mesin pres,untuk di proses lebih lanjut.

Pada jadwal selanjutnya kelompok kami masih di tugaskan untuk memilah botol,dengan berjalannya waktu kami semakin bersemangat melakukan kegiatan tersebut.Saling membantu agar seluruh pekerjaan dapat di selesaikan dengan baik dan cepat.Selesai mengerjakan tugas,kami di panggil dan di minta menghadap kepada staf yayasan Buddha tzu chi karena beliau ingin langsung berbicara dengan kami.

Pada tanggal 10 april 2017 setelah membuat janji kepada Bapak Andre dan di setujui kami berangkat.Sesampainya di sana kami bertemu dengan beliau.Beliau menanya kan beberapa pertanyaan kepada kami.Contohnya seperti apa saja yang sudah kami lakukan di Depo.

Pada hari terakhir kami mendapat tugas baru yaitu memilah dan melipat koran yang masih bisa di pakai.Setelah menyelesaikan melipat koran,kami di beri setumpuk brosur yang sudah tidak terpakai namun masih di bungkus plastik setiap brosurnya.Kami diminta untuk memisahkan antara brosur dan plastiknya.Semua tugas yang di berikan begitu menyenangkan karena di kerjakan dengan bersama dan bersemangat.Daur ulang kami lakukan terselesaikan lebih cepat karna di kerjakan bersama sama dan mendapatkan hasil yang baik.

Hasil kegiatan kami selama beberapa pertemuan yang terdiri dari survei dan pelaksanaan kegiatan daur ulang memberikan kami pengalaman yang sangat berharga yang tidak bisa kami dapatkan di lain kesempatan.Dimana kelompok kami dapat berkumpul dan berkerja sama untuk menyelesaikan daur ulang.Orang-orang di sana sangat menghargai dan bersemangat mengajarkan kami mengelola barang-barang yang sudah tak terpakai.Kegiatan ini di tutup dengan acara foto-foto sebagai kenangan.

BAB VI

KESIMPULAN

Menurut kelompok kami tugas/projek yang diberikan oleh Binus University sangat bermanfaat bagi mahasiswa maupun lingkungan yang menjadi sasaran atau tujuan dari projek luar kelas. Banyak nilai-nilai kehidupan yang dapat kelompok kami ambil yang tidak dapat disandingkan dengan apapun. Kelompok kami sangat berterima kasih karena telah diberikan kesempatan melakukan daur ulang di Depo Daur Ulang Cinta Kasih Tzu Chi yang merupakan organisasi terbesar di Jakarta dalam golongan daur ulang sampah.

 

LAMPIRAN

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *